Minggu, 05 Juni 2011

Peningkatan Status Desa Menjadi Kelurahan

(Suara Pembaharuan - LSM LITA ) - Konsekwensi sebuah kemajuan pemikiran dan kemajuan pola berpikir, sehingga kemajuan diletakan kepada bukti sejarah dan paktor pendukung lainya adalah satu kerangka yang realitas dan bermartabat . Sehingga siapapun manusia yang berpikir akan hal aturan bernegara tentu tidak lepas dari aturan yang dimiliki bangsa indonesia .

Mensikapi sebuah kenyataan, dapat kita analisa secara seksama dan bertangung jawab bahwa Pekon atau Desa Kampung Jawa merupakan Desa yang sudah cukup padat dengan penduduk, dan pekon kampung jawa sudah mengembangkan sebuah daerah pekon baru yaitu pekon Rawas, artinya Pekon Rawas merupakan hasil pemekaran dari Pekon Kampung Jawa kala itu . Dan sangat meyakinakan apabila pekon kampung jawa dapat ditingkatkan statusnya menjadi sebuah kelurahan yang memiliki Brikat Pariwisata dan pendidikan . Dimana setelah status pekon ini meningkat menjadio Kelurahan, maka dimungkinkan pejabat kelurahan yang ditunjuk akan lebih mapan dalam membangun kelurahan kampung jawa menjadi satu kelurahan yang mencakup wilayah Pariwisata yang cukup maju dan brikat lembaga pendidikan yang maju.

Dengan dekatnya pekon kampung jawa dengan kelurahan pasar krui, ini menunjukan bahwa memang sudah seharusnya pekon ini ditingkatkan statusnya menjadi sebuah kelurahan yang kelak akan memiliki gengsi yang lumayan berkembang . dengan alasan lain penulis melihat apabila pekon kampung jawa ditingkatkan menjadi kelurahan, maka diperkirakan akan melahirkan dampak peningkatan PAD Lampung barat, dimana didaerah pekon ini banyak sekali  terdapat rumah kost ( kost bagi anak sekolah ) dan terdapat beberapa hotel dan juga ditambah banyaknya lembaga pendidikan baik formal maupun non formal , sehingga apabila keurahan sudah berdiri, maka dari sisi pajak dan retribusi sudah bisa ditekan guna menyumbang pada Pendapatan Asli Daerah Lampung Barata yang kita cintai bersama .

Sistim Birokrasi yang akan lahir apabila pekon ini ditingkatkan menjadi kelurahan , maka operasional pemerintahan akan lebih profesional dan bertanggung jawab, mengingat pemerintahan kelurahan akan lebih respon terhadap segala bentuk pradigma yang akan membuat daerah ini menjadi lebih maju dan akan bersaing dengan pemerintahan kelurahan lainya yang ada dilampung barat . Karena sesungguhnya kemapanan birokrasi tentu akan lebih apabila kelurahan, karena kelurahan akan dipimpin oleh seorang PNS ( Pegawai Negeri Sipil ) dimana tempaan atas PNS akan lebih mengarah dan hal ini karena sangat jelas bahwa daerah kampung jawa sangat mendukung menjadi sebuah kelurahan . Pemerintah lampung barat harus segera merencanakan persiapan pembentukan kelurahan dimaksud, karena penulis yakin bahwa pemerintah lampung barat lebih peka dari pemerintah kabupaten lainya yang ada dilampung.

Dan penulis berharap kepekaan yang dimiliki oleh lampung barat, akan lebih mempercepat gerak langkah kemajuan daerah ini, karena setidaknya apabila pemerintahan kelurahan menjadi bertambah, maka tatanan kehidupan masyarakatpun akan menjadi lebih maju dan berkembang termasuk didalamnya perekonomian rakyat akan mengikuti perkembangan kemajuan .

1 komentar:

  1. Kemajuan Itu Memang Harus Dikejar jauh dan susah serta payah "

    BalasHapus