Sabtu, 21 Mei 2011

CALON INDEPENDEN BAKAL MENANGKAN PILKADA’2012 KABUPATEN LAMPUNG BARAT


CALON INDEPENDEN
BAKAL MENANGKAN PILKADA’2012
KABUPATEN LAMPUNG BARAT
( OLEH ; DWI YULI KARYANTO )

Keberadaan lampung barat saat ini masih dalam proses pemecahan sebagai konsentrasi kabupaten yang berpotensial, namun secara terukur kabupaten lampung barat kemajuanya akan dipengaruhi oleh bagaimana pemimpin didaerah ini, apakah amanah atau tidak . Beberapa dekade kabupaten lampung barat dipimpin oleh bupati yang berasal dari usulan partai politik dan gabungan dari beberapa partai politik yang ada dilampung barat.

Para pemimpin yang ada selama ini terpilih berdasarkan kekuatan partai dan kekuatan pemecahan masa kekuatan dari beberapa kandidat, dapat diartikan bupati terpilih belum maksimal sebagai bupati atau pemimpin pilihan rakyat, sehingga kedepan masyarakat lampung barat akan mampu menciftakan pemimpin yang benar dan jelas dipilih berdasarkan pilihan rakyat lampung barat dan salah satu realisasi dari permasalahan ini, maka tidak memutup kemungkinan calon yang berjuang melalui jalur Independen akan mutlak memenangkan Pilkada dilampung barat mendatang .

Artinya betul betul lampung barat akan merubah warna perpolitikan didaerah yang terletak paling barat wilayah propinsi lampung ini, dengan harapan rakyat akan membentuk kekuatan baru memilih pemimpin jalur tanpa partai atau Independen . Dalam menterjemahkan semua ini keterlibatan seluruh masyarakat lampung barat, harus  memulai gerakan ini tanpa harus mengorbankan calon yang berjuang melalui partai politik . Untuk menanggulangi kerusakan asas demokrasi kita selama ini kiranya rakyat lampung barat akan mampu menepis keinginan beberapa kandidat baru maupun Incumben nantinya yang akan melakukan gerakan Money politik atau dengan kata lain membeli suara rakyat dengan kekuatan money power, kenapa hal ini penulis ungkap, karena sudah terdengar beberapa kandidat sudah berkoar seolah semua rakyat akan bias dibeli dengan uang , kalaupun itu terjadi maka jangan pilih calon dimaksud, karena hal tersebut salah satu yang menyebabkan kehancuran demokrasi serta kehancuran daerah lampung barat, apalagi ditambah dengan tidak adanya kemampuan pemimpin lampung barat untuk mencermati bagaimana lampung barat sesungguhnya . Sehungga pembangunan yang diciftakan tidak sesuai dengan yang diharapkan, bukan hanya kwalitas atau kwantitas pembangunan melainkan tepat sasaran kah pembangunan dimaksud .

Penulis memberikan penyeimbangan dalam berpikir atas masyarakat lampung barat, ketika pelaksanaan pilkada :
1.      Apabila mendapatkan praktek Money Politis, maka tangkap pelaku money politis dimaksud dan bawa kepada pihak pengawas atau LSM yang mendirikan Posko Peduli Pilkada , dan jangan lupa mengamankan unag sebagai barang bukti, serta bawa kedua belah pihak, baik yang memberi uang maupun yang menerima uang dan amankan dengan kekuatan masyarakat ;
2.      Seluruh masyarakat lampung barat harus peduli atas rencana tujuan perubahan dilampung barat , sehingga lakukan langkah antisipatif dengan melihat kandidat atau calon yang dimungkinkan akan memiliki tanggung jawab terhadap daerah lampung barat .
3.      Masyarakat tidak sembarang atau terlalu mudah menerima segala bentuk pemberian dari calon, karena akan menjerat masyarakat sendiri, lebih baik kita menderita satu hari dari pada menderita dan kecewa selama lima(5) tahun kedepan .
4.      Awasi pelaksana atau panitia pelaksana Pilkada , karena belum tentu mereka akan melaksanakan tugas secara jujur dan adil karena tekanan pasti akan terjadi oleh pihak kandidat atau calon nantinya, sehingga tanpa pengawasan dari masyarakat maka pelaksanaan Pilkada akan mengalami banyak kecurangan dimana mana .
5.      Masyarakat harus ikut mengawal surat suara yang menuju ke tempat pengumpulan, dan perhatiakn kenderaan yang membawanya, karena kemungkinan beberapa calon sudah menyiapkan pasilitas pengangkutan kotak suara, dan secara berencana akan melakukan berbagai bentuk kecurangan, termasuk didalamya mewaspadai kendertaan yang berpelat Dinas yang sudah bertebaran atas nama kenderaan kelompok Tani, karena semuanya memiliki kecenderungan sebagai senjata politik .
6.      Diharapkan masyarakat tidak memiliki rasa takut atau was was dalam melakukan kegiatan pengawasan independent dari rakyat, dan bergabunglah dengan kelompok atau pihak yang memiliki keinginan yang sama, artinya memiliki kepentingan melakukan pengamanan serta perubahan sistim politik busuk menjadi politik yang bermartabat didaerah lampung barat .

Dengan deikian akan diharapkan dengan penuh pertanggung jawaban pelaksanaan Pilkada Lampung Barat mendatang, sehingga secara nyata rakyat akan mampu mewarnai keadaan daerah lampung barat yang kita cintai bersama, menuju “ Lampung Barat yang Maju dan Bermartabat serta melaksanakan pembangunan yang bermanfaat dan berdayaguna bagi kepentingan sebesar besarnya rakyat lampung barat .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar