Kamis, 03 Mei 2012

Solusi Terbaik Masalah Pemekaran Pesisir Barat


Pemekaran pesisir barat merupakan wacana bagus dalam pengembangan daerah arah jelas bagaimana menumbuh kembangkan satu daerah menjadi dua(2) selama niat dimaksud merupak konsekwensi untuk mensejahterakan masyarakat didalamnya . Pemekaran pesisir barat sudah memenuhi syarat administrasi, tekhnis dan fisik dan pemekaran dimaksud tinggal ada beberapa keharusan yang ditumbuhkan dalam jiwa masyarakat daerah pesisir barat yang akan dimekarkan ;
(1) Tumbuhkan rasa kebersamaan ; Rasa kebersamaan yang saya maksud adalah semua masyarakat sama tugas dan kewajibanya dalam mendukung bagaimana upaya agar pesisir barat terlahir, tidak ada dominisir oleh pihak tertentu sehingga melahirkan rasa paling berjasa dalam langkah - langkah dalam upaya dimaksud dan seterusnya akan membuat rasa tinggi hati atas kelompok masyarakat tertentu .
(2) Tingkat Loby dan kerja lintas lembaga harus diserahkan kepada orang-orang yang memiliki kredibilitas tinggi,memiliki imit militansi tinggi atas daerah pesisir barat sehingga metode perjuangan memiliki bargening yang jelas dan tidak terpatahkan oleh kepentingan sesaat saja . Terlebih harus memiliki jiwa dan pemikiran yang fleksible tanpa batas sebuah kepentingan saja, sehingga mampu melahirkan konsesnsus yang bermakna antara pemerintah daerah (induk) pemerintah propinsi dan pusat . Dalam kategori mampu memberikan gambaran jelas bahwa pemekaran adalah keinginan rakyat bukan kepentingan kelompok tertentu .
(3) Lakukan Langkah pengemnalian kepercayaan publik atas metode baru pergerakan sehingga akan melahirkan rasa peduli masyarakat akan hal pemekaran dimaksud dan membangun kepercayaan pemerintahan induk ( kabupaten lampung barat ) bahwa segala sesuatu masih memiliki relevansi yang jelas anatara kabupaten induk dan pesisir barat .
(4) Mampu memanfaatkan situasi politis yang berkembang sehingga langkah apapun yang diambil memiliki nilai positif atas daerah dan masyarakat luas .
(5) Adanya kerjasama utuh antara masyarakat pesisir barat yang ada di wilayah pemekaran dengan masyarakat asli pesisir barat yang ada di propinsi dan jakarta, sehingga ada sinerjik dalam pelaksanaan metode perjuangan dimaksud .
(6) Memberikan kesempatan kepada kader masyarakat yang memang memahami keadaan menyangkut pemekaran untuk berbuat sesuai kemampuanya, guna saling memiliki rasa tepo seliro dan membuat semakin lurusnya metode perjuangan kedepan .
(7) Membentuk sentral informasi diwilayah pemekaran, guna satu sistem kelangsungan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat yang berdomisili di wilayah pemekaran dan dilakuakn penuh transparansi dan bertanggung jawab, tidak membohongi masyarakat sebagaimana yang terjadi selama ini .

Pemekaran akan sukses apabila semua masyarakat diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandangan atau pikranya sehingga tidak ada penyumbatan dan rasa saling mendahulu ( persaingan antar kelompok masyarakat . Sebagai tugas mulya semua harus mendahulukan keikhlasan dalam melakukan semua langkah dan upaya serta saling menutupi atas semua keperluan dan kebutuhan yang jelas dibutuhkan dalam upaya pemekaran dimaksud .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar