Rabu, 28 November 2012

Festival Teluk Stabas Dilaksanakan di Krui ( Pesisir Barat) 28 November 2012 / Labuhan Jukung Krui








Festival Teluk Stabas merupakan kekayaan atau potensi kabupaten pesisir barat, dimana selama ini pembukaan festival ini dilakukan diliwa sebagai ibukota kabupaten lampung barat, dan  terakhir di tahun 2012 tepatnya hari rabu tanggal 28 November 2012 dilaksanakan di wilayah krui atau pesisir barat tepatnya di lokasi wisata “ Pantai Labuhan Jukung “ .

Semangat Festival Teluk Stabas merupakan satu kegiatan unggulan khusus sector pariwisata dan kedepan festival teluk stabas harus lebih terencana dan memenuhi standar kebudayaan dan adapt istiadat masyarakat pesisir barat, dimana seluruh kekayaan daerah harus kembali digali, sehingga festival teluk stabas bukan hanya mengahambur-hamburkan uang Negara dan akan lebih jauh festival teluk stabas memiliki sasaran akhir kepada bagaimana lebih mendunia nya sector kepariwisataan Kabupaten pesisir barat sehingga akan mampu menghasilkan nilai ekonomi .

Sasaran festival teluk stabas harus mampu mensinergikan kekuatan lokal berupa khasanah kebudayaan pesisir barat, dan bersifat matang dan terkonsef sehingga memiliki nilai jual bagi wisatawan mancanegara maupun lokal, dimana satu bentuk kekayaan daerah berupa nilai seni dan budaya harus mampu mengangkat harkat serta martabat daerah pesisir barat dimata dunia internasional, karena jelas bahwa Krui sudah dikenal didunia, artinya masyarakat harus mendukung program ini yang nantinya semua masyarakat pesisir barat akan merasakan manfaat dan keuntunganya .

Para pelaku seni dan budaya yang berada dipesisir barat harus mampu melahirkan nilai-nilai baru dimana bias bersaing sebagai produk seni yang tidak meninggalkan sejarah dan keaslian daerah pesisir barat yang kita cintai bersama . Semoga kedepan festival teluk stabas bias lebih baik dan lebih focus tujuan dan sasaranya, sehingga semua program pemerintah bisa bermanfaat bagi daerah dan masyarakat secara umum .

Selain pameran busana diharapkan, bisa mementaskan tari menari, seni drama, lomba makanan khas pesisir barat, produk –produk hasil kerajinan masyarakat serta berbagai nilai seni dan nilai ekonomi lainya  yang mampu memberikan sumbangan nilai ekonomi bagi daerah pesisir barat . Sehingga semua yang dilahirkan akan mampu mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten pesisir barat .

1 komentar:

  1. Pampan puakhi ! Kham dukung pengembangan budaya Lampung Sai Batin #mekhanai_limau

    BalasHapus