Minggu, 16 Februari 2014

Dwi Karyanto : Membangun Kabupaten Pesisir Barat Dalam Kerangka


Dwi YuliKaryanto Sutoyo
Padamu Lampungku, Untukmu Kruiku Tercinta "KERANGKA MEMBANGUN KABUPATEN PESISIR BARAT  SEBAGAI SATU BENTUK PEMIKIRAN ; 

Tabikpun ...... /// 


A)      PUSAT PEMERINTAHAN 
Sebagai pusat pemerintahan tentu yang memiliki Rentang Kendali yang Ideal ( Spand Of Contol ),dimana semua kecamatan yang ada harus merasa dekat dengan pusat pemerintahan “ Kabupaten Pesisir Barat “ . Untuk menempatkan ibukota kabupaten yang pantastis adalah di Kecamatan Pesisir Tengah Krui atau dimana Kantor Bupati Pesisir Barat sementara saat ini,dan hanya menempatkan kantor Bupati saja berikut setdakab,( menurut sejarah bahwa di bah asam adalah titik nol Krui yang sesungguhnya, dimana dahulu ditempatkan kantor ekswedanaan Krui oleh belanda . Khusus kantor bupati dan setda serta beberapa dinas tetap menempati lokasi kantor kecamatan pesisir tengah krui dengan perencanaan pembangunan tiga tingkat atau bisa dilakukan pembangunan dengan 4 (empat ) tingkat dan mengutaman kesatuan dinas yang sifat pelayanan saja . 

Bentuk perkantoran adalah bertingkat sehingga bisa efisien dan efektif dalam pelayanan terhadap masyarakat ( tidak memakan tempat) dan efektif sekali bisa menekan angka budjet ( Keuangan ) sebagai bentuk efisiensi anggaran pemerintahan dan harus dilakukan setiap saat, sehingga setiap tahunya anggaran mengalami stabil (Nol) dan / atau tidak mengalami Defisit anggaran  operasional pemerintahan .

B)      ALUN-ALUN KOTA 
Alun –alun kota menempatkan satu posisi penting dalam penataan kota Krui sebagai pusat pemerintahan “ Kabupaten Pesisir Barat “ daerah yang cocok dijadikan Alun-alun kota adalah Eks Terminal induk ( dimana belum terlaksana karena pran perencanaan Bappeda kabupaten lampung barat kurang professional ) dan lokasi ini tepat sekali dijadikan alun-alun kota .

Fungsi alun-alun kota adalah tempat melakukan banyak acara tingkat kabupaten dan sebagai sarana hiburan masyarakat serta sebagai ajang seni bagi generasi muda dalam membuat satu acara tertentu yang bermanfaat bagi masyarakat luas . Serta akan mampu melahirkan sentra-sentra usaha masyarakat dan akan memberikan sumbangan PAD dari pemungutan retribusi pedagang dan parkir .

C)      TERMINAL KOTA 
Terminal kota merupakan fasilitas dalam mengatur laju transportasi perkotaan, dimana kabupaten pesisir barat harus mampu menempa daerah kota sebagai wilayah yang teratur dan menjamin kedisiplinan pengguna jalan . Terminal kota sebagai acuan awal dari semua masalah yang akan timbul dari sisi kemacetan dan teraturnya lalu lintas kenderaan, khususnya yang melayani masyarakat, siswa,mahasiswa pengguna angkutan umum , dalam laju lalu lintas barang maupun orang .

Tempat / lokasi terminal kota adalah tetap menggunakan fasilitas terminal Way Batu, akan tetapi harus dilakukan banyak perubahan, antara lain memperluas dan memperbaiki akses masuk ( jalan masuk menuju terminal ) baik yang di desa/ pekon sukanagara dan keberadaan jalan masuk dari SDN. 1 Pasar Krui . Serta melakukan perbaikan fasilitas dan luas terminal yang sekarang .

Dalam hal penataan terminal kota termasuk didalamnya melakukan penataan trayek kenderaan disemua jurusan ( akan dilakukan oleh dinas perhubungan kabupaten pesisir barat) sehingga jurusan kenderaan angkutan umum akan tertata dengan baik dan tertib .

D)      PASAR INPRES MODERN KOTA 
Pasar Inpres yang bersifat modern akan dibangun diarea pasar inpres saat ini yaitu di Way Balau dengan tetap memperhatikan dampak social dan harus dilakukan sosialisasi yang memihak kepada kepentingan masyarakat pemilik tanah dan masyarakat pengguna fasilitas pasar .

Akan banyak proses ganti rugi dalam penataan pasar inpres modern ini, namun semua akan dilakukan negosisi yang sangat baik antara pemerintah dan masyarakat pemilik lahan, atu akan dilakuak sebuah system yang terbuka bagaimana mencari solusi terbaik agar program ini terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi semua , baik masyarakat, pedagang dan pemerintah .

E)      TUGU MERDEKA 
Monumen berupa tugu Kemerdekaan yang berada di Pasar Krui merupakan sebuah bangunan yang tidak bisa dianggap sepele, karena bangunan tugu sebagai sejarah yang ada di kabupaten pesisir barat.

Bangunan “ Tugu Merdeka “ akan dilakukan renovasi sebaik mungkin diantaranya harus dilakukan penyiapan lahan tambahan, sehingga tugu bisa berdiri dalam lingkaran ( bundaran ) dimana akan menambah keindahan kota krui sebagai kabupaten baru yang terdesain dengan sangat professional, sehingga akan menambah nuansa asri sebuah kota diwilayah pesisir pantai sebagai citra Krui yang sesungguhnya ( Menghargai Keaslianya ) .

F)       TERMINAL REGIONAL 
Terminal Regional Kota Krui merupakan terminal yang akan bermanfaat untuk bongkar muat barang, kenapa hal ini harus diprogramkan, karena jelas penataan kota harus mengikutkan bagaimana kita memiliki sebuah terminal regional . Dan tempat yang cocok untuk membangun terminal regional adalah didaerah Padang Haluan ( Pematang sebelah kiri menuju kecamatan krui selatan )

Terminal regional akan berfunsi menampung kenderaan, baik Truck barang maupun Bus antar kota dalam Propinsi, maupun antar kota antar propinsi, selain penataan kota juga terminal merupakan satu sarana yang akan menghasilkan pendapatan asli daerah ( PAD) untuk kabupaten pesisir barat .

Terminal Regional akan erat kaitanya dengan terminal yang berada diluar kota ( yang akan dibahas pada poin berikut) , dimana saling berkaitan pelayanan antara terminal regional dengan terminal luar kota, dimana sebagai satu kenyataan bahwa pesisir barat merupakan daerah yang dilalui lalu-lintas tran sumatera yang sangat ramai, oleh sebabnya kita harus memenuhi criteria konsef ini .

G)      TERMINAL LUAR KOTA 
Terminal luar kota akan ditempatkan di wilayah kecamatan penutup atau kecamatan yang mendekati batas wilayah kabupaten pesisir barat dimana harus cukup syarat didirikan terminal, dimana terminal ini berfungsi sebagai terminal Luar kota yang akan bersifat transit .

Terminal luar kota akan dibangun pada tiga wilayah perbatasan yaitu ; (1) diwilayah kecamatan yang berbatasan dengan kabupaten Kaur provinsi bengkulu (2) Kecamatan yang berbatasan dengan kabupaten lampung barat (3) Kecamatan yang berbatasan dengan kabupaten tanggamus .

Ketiga terminal ini akan memiliki hubungan kerjasama yang erat dengan terminal regional yang yang berada di daerah pekon padang haluan, dimana system koordinasi dinas perhubungan akan berjalan dengan rutinitas yang terukur, dan system penyiapan tenaga kerja ( untuk bongkar dan muat barang ) akan terjadi di terminal ini secara berkelanjutan, sehingga mampu membantu pengentasan pengangguran dan kesejahteraan masyarakat .

Antara terminal regional,terminal kota dan terminal luar kota merupakan sub kerja dinas perhubungan dimana akan terjadi nilai pemasukan ( PAD) bagi daerah pesisir barat, dan diharapkan angka pendapatan akan lebih besar dari nilai belanja dinas perhubungan nantinya .

H)      POLRES 
Polres pesisir barat, akan menepati lokasi didaerah pekon Sukajadi tepatnya disebelah kiri menuju kecamatan krui selatan, lokasi berada pada dataran tinggi dan diimbangi dengan pembukaan jalur jalan rawas – Mendiri Sejati . Akses jalan masuk yang melalui Sukajadi tetap dibuat dengan kondisi jalur dua sehingga menempatkan pemikiran sebagai wilayah kota, sebab setidaknya wilayah kota dipesisir barat dimulai dari tenumbang hingga pekon tembakak .

Sementara untuk Polsek, direncanakan semua kecamatan yang ada harus memiliki Polsek dengan segala pasilitasnya, karena untuk nilai stabilitas keamanan merupakan hal penting dalam laju pembangunan di kabupaten pesisir barat dan harus dilakukan secara optimal .

I)       KODIM 
Kantor Kodim menempati posisi didaerah Mendiri sejati ( Balai Kencana ), karena diukur dari jarak menuju kecamatan diseberang ilir cukup dekat serta kelak akan disatukan dengan perencanaan mendirikan pos Marinir setingkat Kompi(SSK) diwilayah Pantai Mahnai, sebagai bentuk terintegrasinya sistem pertahanan  yang dilakukan pihak TNI .

Karena kabupaten pesisir barat merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan samudra hindia belanda, maka sangat layak bila pemerintahan kabupaten pesisir barat membangun pangkalan armada mariner walaupun hanya setingkat kompi (1 SSK) guna pengamanan Zona Ekonomi Eksklusive ( ZEE).

J)       POLISI AIRUD 
Polisi Air dan Udara akan ditempatkan dilokasi tanah Erfah yang berada dikebun kinseng atau didekat labuhan jukung dan terlebih dikaji atas aturan hukum dan status hukum lokasi / tanah tersebut, dimana posisi ini sangat strategis karena jelas tidak begitu jauh dengan Lapangan udara, dimana Pol Airud jelas memiliki fasilitas Helicopter yang merupakan fasilitas utama penyelamatan dan patroli laut dan udara di kabupaten pesisir bara, yang senantiasa mengedepankan kebersamaan, keamanan dan kedamaian .

K)      KEBUN RAYA KRUI 
Kebun raya Krui akan menempati lokasi didaerah Pahmungan, dimana pemerintah kabupaten pesisir barat akan melakukan pembebasan lahan dari masyarakat sesuai regulasi yang ada dan disesuaikan dengan anggaran yang ada serta tidak melahirkan KKN dalam program dimaksud, dan akan dilakukan system Memorandum Of Agriment (MOA) antara masyarakat dan pemerintah atas pemanfaatan getah damarnya, sementara pemeliharaan pohon dammar akan dilakukan oleh pemerintah pesisir barat sebagai sub kerja Dinas Kehutanan dan Perkebunan dan tidak menutup kemungkinan akan bekerjasama dengan pihak IPB ( Institut Pertanian Bogor serta ITB ), sehingga diharapkan pesisir barat akan menjadi perhatian nasional dan / atau bahkan internasional dalam program pencermatan kekayaan potensi damar, atas pengelolaan dan pengembangan serta menghargai pohon damar sebagai skala prioritas potensi unggulan daerah .

Kebun raya ini akan menjadi fasilitas penelitian dan juga fasilitas wisata alam baik bagi wisatawan lokal maupun Mancanegara sehingga besar kemungkinan untuk Kantor Dinas akan dibangun dilokasi kawasan ini guna lebih membuat efisien penyelenggaraan kegiatan Dinas terkait .Bisa dibayangkan bagaimana besarnya kepentingan pemerintah pusat terhadap kabupaten pesisir barat bila hal ini diwujudkan secara baik dengan tahapan pemikiran dan pelaksanaan pembangunan yang ramah lingkungan, berdasarkan keinginan bersama masyarakat dan pemerintah, serta menghindarkan terjadi praktek KKN oleh pejabat bupati serta semua perangkat daerah, serta mensikapi secara serius demi kepentingan kemajuan masyarakat dan daerah .

L)       DINAS PARIWISATA 
Dinas pariwisata pesisir barat, akan menempati lokasi di daerah brikat wisata Labuhan jukung, tetap menggunakan fasilitas tanah erfah ( tanah pemerintah ) yang ada diwilayah kebun kinseng . Hal ini dilakukan agar dapat memberikan nilai efektif dan efisien atas penggunaan anggarat kegiatan dinas terkait .

Dinas pariwisata akan menjadi harapan serta menjadi tolak ukur jantung dari kabupaten pesisir barat dalam hal penggalian pendapatan asli daerah (PAD) sehingga jelas bahwa dinas pariwisata merupakan bagian atau kumpulan dari manusia yang memiliki dedikasi serta imajinatif dalam menentukan segala konsef bidang kepariwisataan yang terukur dan accountable .

M)      DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN 
Dinas kelautan dan perikanan akan menempati lokasi di kuala stabas ( dilokasi gudang VOC menghadap ke pelabuhan krui , selain menjaga kelestarian bangunan lama sebagai bukti sejarah kejayaan Kruii dimasa lalu, dinas ini diharapkan apabila ditempatkan di lokasi dimaksud, akan lebih dan bisa melahirkan efektifitas yang efisien dan penghematan anggaran .

Sehubungan adanya Dermaga Nelayan Nusantara yang akan berada dibawah dinas kelautan akan dilakukan penempatan personil dinas serta di bangunnya system yang baik dalam pelaksanaan tugas lapangan, sehingga akan tetap terbentuk sinkronisasi kegiatan di dinas perikanan dan kelautan .

Jalur laut antara pelabuhan Kuala Stabas dengan Dermaga Nelayan Nusantara yang ada diteluk bengkunat akan tetap hidup, dimana dinas kelautan tetap memiliki pasilitas kapal patroli laut dan dapat digunakan oleh kepala dinas kelautan kabupaten pesisir barat untuk melaksanakan tugas dan kegiatan dinas sebagai pihak yang membidangi segala hal yang berkaitan dengan laut serta potensi yang terkandung didalamnya .

Keberhasilan dinas kelautan dan perikanan kabupaten pesisir barat merupakan barometer pesisir barat, karena potensi kelautan merupakan primadona kabupaten pesisir barat .


N)DINAS PERTANIAN/PERKEBUNAN

Dinas ini harus bergerak dengan melakukan registrasi lahan dan pendataan jumlah atau luas lahan, serta melakukan kajian menyangkut segala hal, air dan sumber air pertanian, sehingga tidak membangun sesuatu yang mengarah pada pasilitas umum pertanian dan perkebunan dengan semaunya, sehingga akan mengesampingkan asas manfaat bagi petani serta pemborosan anggaran. 

Subsektor ini harus dipimpin oleh propesional dan berpikiran cerdas serta handal di lapangan serta dilaksanakan dengan frinsip bebas kkn . 

O)      GUDANG BULOG 
Gudang Bulog akan menempati posisi di daerah desa/pekon Sukanagara kearah Pahmungan , selain dekat dengan terminal kota wilayah ini termasuk jauh dari pemukiman penduduk dan sangat dekat dengan pusat pemerintahan kabupaten pesisir barat .

Kedepan daerah ini sangat mudah dijangkau karena dilintasi oleh mikrolet yang memiliki trayek atau jurusan menuju pahmungan memutar kearah terminal induk dan langsung kearah lokasi pusat pendidikan dan rumah sakit di pekon rawas .

P)      PERUMNAS / PERUMAHAN RAKYAT 
Lokasi pembangunan perumahan rakyat (PERUMNAS) ada 2 (dua) lokasi (1) dilokasi atar Way Batu menuju Pesantren Alfalah (2) daerah Gunung kemala (Kejadian) menuju arah KM.5 melewati belakang persawahan atau bisa dilihat dari depan SMP.1 Way Krui . Dan kelak akan dibangun jalan lingkar menuju Desa / Pekon Menyancang dan langsung menuju Desa / Pekon Penengahan .

Masih banyak lokasi lain yang bisa dijadikan untuk membangun perumahan rakyat, dan tentunya ketika pengembangan peluang kerja bagi masyarakat sudah terlaksana dengan baik, maka keberadaan perumahan rakyat tipe sederhana akan banyak dicari oleh para pekerja ( buruh) pada kampung nelayan atau para tenaga hotel dan tenaga kerja sektor lainya untuk bermukin bersama keluarga mereka .

Mengingat penghematan lokasi, perumahan bisa didesain dengan pola bertingkat, sama halnya dengan rumah susun atau apartemen, sehingga pemerintah pesisir barat sudah sedini mungkin melakukan memperhatikan tata ruang wilayah yang efisien dan memperhatikan daya dukung  alam yang ada . 

Q)      BANDARA SIAGUL-AGUL KRUI 
Bandar Udara “ Siagul-Agul “ Krui seperti sudah diketahui bahwa keberadaanya di Desa / Pekon Sray kecamatan pesisir tengah Krui, kelak bandara ini akan menjadi sebuah lokasi yang cukup ramai, walaupun saat ini luas lahan baru mencapai 74 Ha nantinya luas lahan akan tetap dilakukan perluasan atau penambahan sesuai standar bandara semisal bandara branti, alasanya pengguna bandara nantinya termasuk wilayah kabupaten yang ada dilampung serta keberadaan kabupaten propinsi bengkulu yang terdekat dengan pesisir barat . Selain itu jasa Cargo sangat mendukung pengiriman barang baik nasional maupun internasional . 

Bandara ini, akan didukung secara baik oleh pemerintah kabupaten pesisir barat untuk menjadi Bandara Komersil sehingga dengan keberadaan Bandara ini Kabupaten Pesisir barat akan menjadi daerah yang cukup ramai wilayah pesisir bagian barat lampung .

Bandara akan menyumbang cukup besar Pendapatan Asli Daerah untuk kabupaten pesisir barat, sehingga kemakmuran masyarakat, baik yang bisa dipekerjaan langsung di lokasi bandara( sebagai Satpam , atau pedagang , kantin, rumah makan ) diseputaran lokasi bandara, juga merupakan sumber penghasilan daerah untuk memberikan insentife kepada masyarakat luas .

R)BADAN USAHA MILIK DAERAH ATAU  BUMD; 

Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD) harus digerakan sebagai satu lading usaha pemerintah daerah dan harus bersipat Perseroan Terbatas, dimana penyertaan modal usaha harus memiliki standar usaha yang mampu memberikan realitas perkembangan ekonomi yang handal dan bermanfaat bagi semua masyarakat pesisir barat, dengan BUMD yang ada akan menciftakan peluang-peluang usaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, karena tidak semua masyarakat akan bisa menjadi pengawai negeri .

Semua ruang usaha yang ada harus berada dibawah payung Badan Usaha Milik Daerah dan tentunya pengelolaan harus memiliki standar nasional dan accountable , baik pertanggung jawaban jalanya usaha BUMD dan transparansi nilai keuntungan usaha yang dijalankan .

BUMD akan erat kaitanya dengan subsektor dinas yang ada dipemerintahan, sehingga perencanaan simultan dengan draf pembangunan pemerintahan sesuai agenda pengembangan serta penggalian potensi yang ada, sehingga sekecil apapun pelaksanaan pembangunan harus terhitung secara baik dari sisi sistem maupun keuntungan  dan jelas berstandar atas skala prioritas unggulan serta tidak meninggalkan jaring asrama ( jaringan aspirasi rakyat kabupaten pesisir barat ).

BUMD harus bergerak sesuai dengan Pasal 33 Undang-undang Dasar 1945 dan aktualisasinya sesuai dengan aturan hokum yang berlaku saat ini dan tidak akan berlawanan dengan aturan diatas sehingga penciftaan Perda ( Peraturan Daerah) tidak akan bertentangan dengan Undang-undang yang berlaku dinegara kesatuan RI , atau bahkan apabila dipandang layak berdasarkan study kelayakan penerapan didaerah pesisir barat, atas sesuatu yang baik dan bisa diberlakukan dalam kehidupan pemerintahan serta masyarakat , pemerintah pesisir barat melalui menteri dalam negeri memberikan satu masukan rumusan guna diangkat dan ditingkatkan sebuah perda diusulkan menjadi sebuah aturan baku dinegara Indonesia sehingga akan bermanfaat bagi daerah lain, dan tentunya perlu keseimbangan atas penerimaan lembaga Legislatif di Negara Indonesia yaitu anggota DPRRI yang bekerja sesuai dengan kewenanganya atau sesuai dengan Komisi yang ada .


Secara global bahwa keinginan masyarakat sangat jelas, bahwa dengan berdirinya Kabupaten Pesisir Barat akan mampu menggali potensi serta mengembalikan hasil pemanfaatan potensi dimaksud kepada masyarakat umum, yaitu nilai – nilai kesejahteraan masyarakat umum .

Konsef ini akan dinakhodai oleh seorang pemimpin yang berpikiran cerdas, mengedepankan kepentingan umum dan visioner atau bukan hanya  mementingkan kepentingan pribadi atau golongan dan atau keluarganya saja, serta tidak mudah membangun BUMD yang baik, profesional, proporsional dan acountable dan menguasai pasar , sehingga dapat dikatakan kategori pemimpin yang bisa menjalankan konsef ini adalah pemimpin yang benar-benar diutus oleh Allah Tuhan Yang Maha Esa, Allah, SWT atau disebut dengan “ PEMIMPIN AMANAH” DAN RENDAH HATI, MAMPU MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN DISEMUA LAPISAN MASYARAKAT DAN TIDAK SEMATA - MATA MENGAMBIL MANFAAT DARI KABUPATEN SERTA TIDAK MELAKUKAN PERBUATAN KKN DAN BERUJUNG PADA LAHIRNYA AMARAH MASYARAKAT SERTA AMARAH LELUHUR KRUI .




Dikonsef Oleh : DWI YULIKARYANTO SUTOYO Aktipitas     : Aktif Disemua Kepanitiaan Pemekaran dan Keras Melahirkan Krui Untuk menjadi Kabupaten : Pendidikan   : Lulusan SMA N.I Krui Pesisir Tengah Pengalaman Kerja: Pernah Mengabdi di Kepolisian RI, Organisasi;    Pendiri LSM Lumbung Informasi Tepat Akurat , Pemuda Pancasila, Organda Lambar, Ketua DPC Partai Republikan Lambar, LSM Lembaga Penggerak Anak Bangsa , Sekretaris Umum KPRPBL(Komite Perjuangan Rakyat Pesisir Barat Lampung ), Sekretaris Umum P3KPB, Sekjen Presidium Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat, Peserta Tim pembentukan Media Wahana Reformasi Lampung, .Keahlian         : Penyidikan Tindak Pidana, Pelatih Yudo,
Alamat        : Jalan Kesuma Raya Nomor : 1030 Krui – Pesisir Barat
( HP . 0822-8090-5050 )

MAKAU – “Membangun Asli Krui Abadi Umat “


Catatan Penulis / Dwi YuliKaryanto Sutoyo  :
Penulis siap untuk berdebat argumen selama memiliki sama pemikiran dan kehendak, sebab penulis mengungkapan tulisan berdasarkan detak hati, siapapun boleh menggunakan konsef ini, penulis hanya berharap manfaat bagi semua dan sekiranya Allah berkenan, maka tulisan ini akan menjadi " Amal Ibadah " bagi penulis serta kedua orangtua penulis serta istri dan anak - anak penulis dan senantiasa menjadi kebaikan bagi keluarga besar penulis .Amin ........

Penulis berharap semoga beberapa bagian tulisan bisa terwujud, dengan demikian masyarakat umum akan merasakan bias, faedah,manfaat serta melahirkan tetap nadanya "Kerendahan Hati" bagi kita semua yang hidup dan berkembang dikabupaten pesisir barat dari kata hati ini . 

Semoga Allah, SWT memberikan senantiasa Rahmatnya kepada kita semua, Amin Yarobal Alamin . 

Wassalam ......
                                     






Tidak ada komentar:

Posting Komentar