Kamis, 06 Maret 2014

Hanya Allah Siapa Hambanya Yang Baik

 Kamis, 6/3/2014

 Dalam hidup kita sering mendapat berbagai tantangan dan hambatan, namun semua itu adalah seni dalam hidup, yang jelas bahwa manusia harus senantiasa berpikir jernih dalam mensikapi semua hal tentang hidup dan kehidupan ini , dan jangan pernah kita menenggelamkan orang lain demi kepentingan yang tidak bermanfaat, dan kebanyakan manusia dalam mengambil keuntungan senantiasa harus mencela kebaikan orang lain, sementara orang yang dijatuhkan walaupun iya tidak merasakan dampaknya, namun pihak yang merendahkan akan mendapat malapetaka dan cobaan berat serta semua itu merukan perbuatan yang tidak terpuji , sebgaimana hadist Rasulullah ;


“Tahukan kalian apa ghibah itu? Para sahabat menjawab:, Allah dan Rasul-Nya lebih menegtahui. Beliau berkata, kamu menceritakan saudaramu tentang sesuaut yang dia benci. Salah seorang bertanya, bagaimana pendapat anda jika yang saya katakan itu terdapat pada saudaraku tersebut? Beliau menjawab, jika apa yang kamu kataka itu terdapat pada saudaramu, maka kamu telah melakukan ghibah terhadapnya; da apabila yang kamu katakan itu tidak terdapat pada saudaramu, berarti kamu telah mengada-ngada terhadapnya.” (HR. Muslim, IV: 2001)


Maknanya bagi kita; Bicaralah apa adanya, tidak ada yang perlu kita khawatirkan,jangan menutupi dan jangan membuat tambahan dalam perkataan , apalagi karena adanya kepentingan sesaat yang tidak jelas menutut Allah . ( Dwi Karyanto ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar