Jumat, 04 April 2014

Yuk Jaga Kelestarian Pohon Damar

April, 4/2014
KEBUN DAMAR MATA KUCING 

Sebagai Putra daerah saya mengajak dan senantiasa mengingatkan kepada semua masyarakat pesisir barat (krui) untuk senantiasa melestarikan tanaman "Damar Mata Kucing" karena jujur selama ini kita sudah terlena dan salah dengan menebang pohon damar tanpa meperhatikan dampaknya, yaitu akan merubah jaring kehidupan kita sebagai masyarakat yang memang senantiasa membutuhkan peluang memenuhi kebutuhan sehari-hari . Dimana ada sebagian saudara kita yang sudah menjual pohon damar (repong damar) saat ini sangat mengalami kesulitan ekonomi, dari sisi penghasilan sudah berkurang karena pohon damarnya sudah dijual dan ditebang . 

Saya selama ini selalu mengingatkan agar semua aset masyarakat berupa kebun damar jangan sampai terganggu atau ditebang, namun apadaya karena hal dimaksud merupakan hak mutlak masyarakat, sebab aturanya tidak ada ( Perda menyangkut pelestarian) pohon damar dimaksud, seharusnya pemerintah mengatur semua ini demi menjaga terjaminya potensi yang bisa dikatakan unggul ( Potensi Unggulan) Kabupaten Pesisir Barat yang dimiliki masyarakat, kenapa dikatakan unggulan ? tentu jelas bahwa hasil damar kita dari krui ( pesisir barat) sangat bagus dan disukai dunia internasional. Bukan tidak ada tumbuh didaerah lain, namun sudah terbukti bahwa damar asal krui lebih bagus dari hasil didaerah lain seperti hasil kalimantan dan daerah lainya . 

Kembali saya mengajak kebersamaan kita seluruh masyarakat pesisir barat untuk senantiasa menjaga serta melestarikan tanaman damar dan mari kita mengembalikan keberadaan semula bahwa damar merupakan kekayaan daerah kita secara turun temurun, jangan mudah mengambil keputusan untuk menjual apalagi menebang, karena kedepan dampak yang akan timbul adalah resiko kemiskinan di tataran masyarakat sendiri . Karena selain menghasilkan getah pohon damar juga sebagai penghasil oksigen dalam arti kita sudah turut menjaga kelestarian alam khususnya dikabupaten pesisir barat . Salam Kebersamaan ; //


Tidak ada komentar:

Posting Komentar