Jumat, 04 April 2014

Dwi Karyanto ; Pesisir Barat Selangkah Maju

April, 4/2014

DWI KARYANTO SUTOYO
Kabupaten pesisir barat secara perlahan melangkah maju dan membangun, baru-baru ini pemerintah pesisir barat yang dipimpin Kherlani ( Pj. Bupati) baru meresmikan beberapa pasar tradisional yang berhasil ditingkatkanmenjadi lebih layak, dmana sebelumnya pasar didaerah rata agung merupakan pasar tradisional ( pekan atau kalangan ) sudah terbangun sedemikian layak dan bisa dikatakan atau dikategorikan permanen dengan bangunan yang memiliki dinding atap dan rolling door, nah ini menunjukan bahwa pemerintah bekerja dengan baik, maklum daerah pesisir barat atau krui baru seumur jagung menjadi Daerah Otonomi Baru diera reformasi ini . Masyarakat harus mendukung sepenuhnya apapun bentuk pembangunan yang dilakukan, setelah dibangun tugas masyarakatlah untuk menjaga dan memelihara apalagi pasar dimaksud merupakan pasar yang mutlak diserahkan  pengelolaanya kepada koperasi dan koperasi tersebut tentu dikelola murni oleh masyarakat . 

Taap awal pasar yang dibangun adalah pasar Rata Agung yang terletak diKecamatan Lemong , pengelola pasar dimaksud adalah koperasi masyarakat Rata Agung sendiri, disini dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam pemanfaatanya, dan kita sebagai masyarakat pesisir barat perlahan sudah merasakan manfaat dari keberadaan daerah kita sebagai kabupaten sendiri ( berdiri sendiri) dan bisa mengatur diri sendiri secara berkelanjutan dengan kekuatan anggaran yang ada, sehingga secara berkelanjutan akan terjadi pemerataan pembangunan ( peningkatan) pasar tradisional yang ada disemua kecamatan dan desa yang ada . 

Dengan demikian sebagai bagian dari masyarakat pesisir barat, kita harus bersyukur dengan semua hal yang kita rasakan, mulailah masyarakat bersikap bijak dalam setiap pengelolaan pasar dimaksud, karena satu tanggung jawab bagi pengelola adalah bagaimana menciftakan dan melahirkan PAD bagi daerah dari fasilitas dimaksud, sehingga pajak baik pajak retribusi maupun parkir dan sewa tempat dapat menjadi dasar berapa besar Pendapatan Asli Daerah dapat muncul dari hasil pembangunan dimaksud . Diharapkan pengelolaanya dapat dilakukan secara profesional dan acountable . Terlebih karena sifat pengelolaanya dilakukan oleh koperasi, maka managerial koperasi harus transparan dan terbuka bagi semua anggota, serta pembinaan terhadap semua anggota harus senantiasa dilakukan demi mewujudkan koperasi yang sehat dan berjalan dengan baik , sehingga bisa berjenjang bisa melahirkan kekayaan atau aset koperasi lainya . Dan pelaku koperasi harus patuh kepada aturan yang ada sehingga berdirinya koperasi bisa sejalan dengan tujuanya yaitu mencapai kesejahteraan semua anggota koperasi . 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar