Minggu, 18 Mei 2014

Menjiwai Sesuatu Dan Memaknai Kehidupan


Dalam hidup manusia senantiasa ingin keberhasilan ditangan, namun terkadang kita sebagai manusia hidup tidak tahan terhadap cobaan dan tidak mampu mensikapi atas apa yang dihadapi secara maksimal, yang ada hanya berputus asa, kecewa serta disertai dengan rasa tidak percaya diri . Kita tidak akan pernah tau apa yang bakal terjadi kedepan, karena bisa saja yang akan muncul dihadapan kita makna kebahagiaan dan kesuksesan . Oleh sebabnya setiap langkah manusia haruslah dihitung - hitung dan senantiasa kita sebagai makhluk sosial menyetarakan langkah apapun dengan baik, memahami sebuah pekerjaan yang kita lakoni tentu tidak mudah apalagi mensenyawakan ( Menjiwai) pekerjaan dimaksud secara baik dan sempurna .


" Tidak ada manusia yang sempurna " dimuka bumi ini, itu sebabnya kita selalu belajar guna menyempurnakan sedikit demi sedikit kekurangan yang ada dalam diri kita, termasuk kita semua selalu ada kekurangan, baik cara berpikir, emosional, integritas dan konsekwensi diri kita terhadap pergaulan, hambatan hidup serta semua tantangan yang harus kita hadapi selalu ada dan silih berganti, semua itu tentu harus dihadapi sebab itu senantiasa manusia berupaya mencari jalan keluar sebagai sebuah solusi tebaik . Ketika kita dihadapkan pada sebuah persoalan yang berat tentu kita harus tetap menjari jalan keluarnya, dengan keterbukaan kepada orang lain, baik saudara , teman atau pihak yang kita yakini bisa memberikan masukan dan jalan keluar akan kita lakukan, sebagai makhluk sosial tentunya kita harus selalu berhubungan dengan manusia yang lain , tidakbaik untuk menutup diri, karena seseorang yang selalu menutup diri akan memiliki pikiran yang sempit dan mudah berputus asa, sehingga setiap ada masalah akan selalu hati dan pikiranya dipenuhi rasa bingung , kesal dan akhirnya lahir pesimis dan putus asa . 


Saat ini kebanyakan kehidupan kita sudah diselimuti rasa egosentris dan hdup yang tidak berpikir akan lingkungan, banyak hal yang mempengaruhi keadaan ini termasuk situasi politik bangsa yang sangat mempengaruhi keadaan sosial kemasyarakatan dinegara kita, dimana keberadaan politik senantiasa dikuatkan dengan kepentingan kelompok dan golongan, sehingga timbul penyempitan kontraksi dan komunikasi diantara masyarakat itu sendiri, sehingga mempengaruhi kehidupan masyarakat secara total . Pengaruh lain tentu besarnya kesenjangan ekonomi masyarakat, sudah menjadi dilema dalam masyarakat bahwa perbedaan status sosial yang secara hakiki harus tidak menjadi jurang pemisah, bahkan justru yang kuat membantu yang lemah . Namun harus kita akui sedikit saja terjadi perbedaan pandangan manusia akan menampakan sebuah toleransi yang bertolak belakang dengan makna sesungguhnya . Dan satu satunya cara melawan permasalah ini manusia hidup harus keras dalam bersikap dan membedakan secara baik atas hal-hal dimana harus bersama dan dimana pula manusia hidup antara satu dengan lainya berpisah, namun ukuran silaturahmi dan saling tolong - menolong harus terus terjaga secara baik . 


Marilah mulai detik ini kita kembali memperkuat tali silaturahmi, yang memiliki pikiran memberikan arahan serta pemikiranya kepada saudara kita yang lain, yang memiliki kelebihan sisi ekonomi senantiasa memberikan bantuan kepada saudara kita yang mungkin saat ini sedang terpuruk, namun satu hal yang harus disesuaikan dan harus berani dilakukan apabila kebetulan kita sebagai pihak yang sedang terpuruk dengan ketentuan hal - hal yang krusial dalam kehidupan hendaknya berani berbicara kepada saudara kita yang lain, bukan justru salah berpikir dan mempertahankan kesombongan, gengsi dan lain sebagainya . Karena mungkin saja saudara kita yang lain tidak tau apa yang saat ini sedang kita rasakan, oleh sebabnya manusia hidup senantiasa butuh keterusterangan, kejujuran hidup . Artinya komunikasi dalam hidup jangan sampai terputus guna senantiasa terbangun dengan baik, dengan adanya  komunikasi yang baik kita akan mengikis rasa keterbatasan atau tembok yang seakan membatasi diri kita dengan saudara kita yang lain . Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi saya sendiri dan juga saudaraku sekalian , dan selebihnya semoga Allah , SWT senantiasa membukakan hati dan fikiran kita sehingga dengan rasa percaya diri kita sekalian mampu mengarungi kehidupan dengan penuh semangat , Amien ( 0853 7894 7007 )










Tidak ada komentar:

Posting Komentar