Kamis, 08 Januari 2015

Pengembangan Budidaya Perikanan Darat Perlu Dikembangkan Di Pesisir Barat

DWI YULI KARYANTO
 Banyaknya Sungai yang dianggap hidup ( mengalir ) diwilayah kabupaten pesisir barat sangatlah layak dimanfaatkan guna membangun kekuatan ekonomi dari sisi pengembangan budidaya perikanan darat, yang diperkirakan akan mengangkat ekonomi masyarakat pesisir barat dari sektor perikanan . Beberapa jenis ikan yang sangat potensial dikembang biakan diantaranya ikan Bandeng, ikan mas, ikan nila dan munzair, dan pemerintah pesisir barat tidak harus mengulur - ngulur waktu tinggal melaksanakan hal dimaksud guna peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum .Sehingga apabila program ini dilaksanakan, maka mampu mencerminkan sebagai salah satu program menciftakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan tentu dengan pembinaan yang baik dan berkesinambungan oleh pemerintah pesisir barat melalui subsektor dinas perikanan dan juga konsultan yang khusus ditunjuk untuk maslah dimaksud . 


" Kreatifitas masyarakat perlu dilakukan pembinaan dan pengarahan dan mendapatkan perhatian pemerintah serta dianggarkan secara baik, terarah dan terukur sesuai kekuartan anggaran daerah pesisir barat  dan dengan tujuan kemajuan dan pencapaian kesejahteraan masyarakat "  
 

Erat kaitan dengan program pengentasan kemiskinan serta lebih mengarah pada kesejahteraan masyarakat pihak Dinas Perikanan dan Kelautan dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui kelompok masyarakat yang berada atau memiliki tanah ( sebagai lokasi ) budidaya ikan darat dengan membangun terlebih dahulu. keramba jaring apung sebagai media pemeliharaan ikan tersebut. 


Saya melihat bahwa ada satu nilai positif bila masalah pembudidayaan ikan air tawar dikembangkan diwilayah aliran sungai, maka sangat dimungkinkan keberhasilan dalam pembesaran akan menghasilkan dan mampu merumuskan pasokan ikan air tawar baik untuk pasar lokal, maupun pasar nasional, dan tentu apabila hal ini dilakukan tidak setengah - setengah . 


Hal ini bisa dilakukan tentu dengan kemampuan berpikir Kepala Dinas yang membidangi suksektor terkait, serta tentu kemauan keras untuk memajukan daerah merupakan modal awal yang besar guna keberhasilan yang menjadi cita - cita bersama masyarakat pesisir barat . 


Kerambva apung diperkirakan tidak memakan biaya terlalu besar dalam pembuatanya, dimana dengan menggunakan kerangka besi, derum dan kayu serta jaring , dan bambu dan seling ( Sebagai Penambat Keramba ) . Namun harus diperkirakan terlebih dahulu bagaimana keadaan sungai apakah saat banjir memiliki resiko tinggi adanya sampah kayu yang dibawa arus banjir . Tentu harus dibuat pengaman keramba secara baik agar keramba saat sungai meluap bisa terjamin keamanannya dari kerusakan .


Dapat diperkirakan apabila dilaksanakan pembangunan keramba tersebut dalam satu tahun sudah bisa terlihat keberhasilan program, dan tentu apabila adanya tanggung jawab bersama antara pemerintah ( Dinas Perikanan ) dan masyarakat sebagai pelaku program dimaksud. 


Program ini dapat mengangkat wilayah pesisir barat sebagai salah satu daerah penghasil ikan air tawar, dimana selama ini pesisir barat guna menutupi kebutuhan ikan air tawar harus mendatangkan dari luar . Secara langsung akan menyumbang Pendapatan Asli Daerah ( PAD) kabupaten pesisir barat ratusan juta bahkan miliaran rupiah .

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar