Sabtu, 16 April 2016

Pesisir Barat Belum Tertata Masih Semrawut


Berbicara sektor pariwisata jujur kita harus mengakui bahwa daerah krui atau pesisir barat belum memiliki lokasi wisata yang tertata secara baik seperti halnya daerah lombok, sepanjang 210 panjang pantai pesisir barat semua belum tertata dan rasanya pembicaraan pemerintah pesisir barat menyangkut kepariwisataan harus tidak terlalu " Hiperbolisme " dan lakukan dulu penataan yang baik terhadap sektor ini, penguatan Peraturan Daerah saja belum dilakukan dan terlebih Tata Ruang Wilayah sejokyanya dilahirkan terlebih dahulu sehingga akan lebih jelas melihat bagaimana pesisir barat yang dipandang dari sektor pariwisata secara menyeluruh .

Hal ini sangat perlu dilakukan agar semua program menyangkut pembangunan tidak bertabrakan antara satu program dengan program lainya . Contoh pembangunan rumah nelayan asal dana bantuan pemerintah pusat yang diletakan didaerah kuala merupakan satu langkah yang salah besar, sebab daerah tersebut merupakan salah satu penyangga pariwisata yang terletak pas ditengah kota krui sebagai pusat pemerintahan, kelak krui akan memiliki paket wisata yang terintegrasi tententu . 

Pemerintah saat ini belum memiliki standar pemikiran yang jelas, serta belum berpikir bagaimana krui atau pesisir barat dalam dekade 10-15 tahun kedepan dan tentu kebijakan menempatan pembangunan rumah nelayan bantuan pemerintah pusat tahun 2016 tersebut akan mengalami masalah dalam kerangka membangun pesisir barat kedepan . Pemikiran dimaksud dipandang sangat keliru dan merugikan sisi matangnya perencanaan pembangunan . 

Dengan harapan semoga pemerintah pesisir barat bisa lebih berbenah dan tidak asal membangun serta asal menerima bantuan tanpa memikirkan dampak kedepan atas lahan . Dan tidak boleh sebuah program dipaksakan begitu saja tanpa memikirkan tata ruang walaupun bersifat sementara, tentunya pemikiran seorang pemimpin harus jeli dalam menatap hal dimaksud, sehingga dapat terukur secara baik atas pembangunan didaerah pesisir barat . 

Bicara Daerah Lombok tentu semua yang ada sudah tertata dan keinginan pemerintah pusat harus menjadikan daerah tersebut sudah keharusan, intinya issu yang dikembangkan didaerah pesisir barat harus sesuai dengan kenyataan dan tidak boleh membangun issu yang hanya merupakan presure guna menarik perhatian pusat . Sehingga bisa saja berkembangnya sebuah wilayah harus terpikirkan secara matang serta bukan karena sebatas emosional agar bisa cepat sama dengan daerah lain, intinya karakter daerah jelas berbeda . 

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus