Sabtu, 29 September 2018

Pengembangan Peluang Pasar Oleh Masyarakat









Pengembangan Peluang Pasar Oleh Masyarakat sendiri, hal ini merupakan nilai - nilai positif, dimana pertemuan antara Pedagang dan Pembeli terkondisi secara baik, walaupun tempatnya sangat sederhana untuk menggelar dagangan . Melihat kondisi ini bisa diartikan dilokasi tersebut setidaknya sangat cocok tentu bagaimana kedepan pemerintah mensikapi dengan membangun los sederhana dan sepertinya sangat layak dilakukan . 


Terkadang konsef pembangunan melihat bagaimana gerakan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli, semisal dikabupaten lain ; Lampung barat, pedagang buah - buahan yang berada diseputar Hantebiu tadinya sangat sederhana sekali dan para pedagang mendirikan sendiri bangunan los mereka untuk berjualan buah - buahan, namun melihat aktivasi masyarakat, kemudian pemerintah lampung barat membangun los permanen yang dianggarkan melalui APBD . Didaerah Pesawaran kita bisa melihat ketika kita melintas menuju Bandar Lampung di sepanjang Pinggiran sawa terlihat banyak sekali pedagang Ikan Belut, dan setelah secara terus menerus serta berkelanjutan lantas pemerintah hadir dan membangun Los Petak yang dipungsikan untuk para pedagang ikan dimaksud, dari kedua contoh tersebut tentu pemerintah mendapatkan nilai masuk berupa sewa tempat dan retribusi baik untuk kebersihan maupun untuk keamanan . 

Pemikiran ini sangat sederhana, namun jika tidak diangkat sebagai sebuah masukan untuk pemerintah tentu tidak akan terbangun sebuah issu positif dan membangun, sebabnya semua pihak harus kaya ide dan mengejar prestasi tanpa imbalan demi kepentingan dan kemajuan daerah selanjutnya guna melahirkan "Makna Kesejahteraan Masyarakat " tentunya . Masih banyak lokasi - lokasi lain yang sangat layak jika dikembangkan untuk membangun " SENTRA USAHA" masyarakat dikabupaten pesisir barat  . 

Penulis melihat cukup banyak wilayah disemua kecamatan yang dapat dibangun lokasi sentra usaha, dimana hal ini akan mampu mendongkrak pertumbuhan " Ekonomi" masyarakat sesuai harapan seluruh komponen masyarakat, terutama harapan pemerintah kabupaten pesisir barat .  #salambangkituntukmaju#







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar