Jumat, 10 Juni 2011

Pemerintah RI Harus Terapkan Sistim Paling Aman Menyangkut TKI

( INDONESIA - PEDULI ) ; Banyaknya masalah yang terjadi terhadap TKI yang berada diLuar Negeri yang selalu mendapat masalah baik dilokasi pekerjaan maupun persoalan serius terhadap Majikanya, LSM Lumbung Informasi Tepat Akurat Mengecam perbuatan diluar kemanusiaan itu dan meminta PBB membuat aturan yang jelas, sehingga masalah masalah seperti ini bisa diadili disebuah pengadilan Internasional yang dibentuk khusus untuk Tindak Pidana antar Negara didunia . Sehingga kehidupan warga negara didunia jelas aturan dan jelas perangkat hukumnya, demi terjaminya Hak Asasi Manusia diseluruh dunia dari akibat perbuatan perbuatan yang merugikan dan melanggar hukum . 



Terlepas dari hukum Internasional semestinya Pemerintah Indonesia sudah mulai membentuk sebuah Lembaga Khusus guna menyelenggarakan kegiatan yang khusus menyangkut TKI ( Tenaga Kerja Indonesia ) yang akan dan sudah berada diluar negeri untuk mencari sumber penghidupan keluarga dan termasuk didalamnya memberikan masukan Devisa bagi bangsa ini . Tidak akan terjadi lagi adanya TKI yang mengalami kecelakaan yang sifatnya karena perbuatan seseorang ditempat dimana mereka bekerja, dan meminta ketegasan pemerintah pusat melalui semua Lembaga Negara yang ada guna merumuskan masalah ini, karena masalah TKI bagi kami termasuk masalah yang sangat besar dan tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Pemerintah Republik Indonesia .

Legalitas Biro Jasa TKI yang sudah ada harus dilakukan pemeriksaan kembali atau dilakukan verifikasi kembali menyangkut syarat kelayakan dan keamanan ketika menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri, termasuk didalamnya melakukan kontrol kepada semua TKI yang telah mereka salurkan keluar negeri secara berkala, hal ini dapat menekan terjadinya musibah musibah bagi TKI kita selaku aset atau kekayaan bangsa yang menghasilkan Devisa bagi bangsa ini . Lembaga yang akan dibentuk sejokyanya berdiri sendiri dan memiliki perwakilan disemua negara yang dipastikan dinegara tersebut ada Tenaga Kerja asal Indonesia . Dan kelembagaan dimaksud bisa bekerja sama dengan pihak Kedutaan indonesia yang berada diLuar Negeri, sementara kelembagaan dimaksud berisi pihak pihak yang memiliki standar kemampuan diantaranya spesifikasi ; Ilmu Psikologi, Ilmu Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi sehingga mereka bisa bekerja dengan benar dan sesuai dengan kemampuan dan masalah yang timbul atau dialami oleh TKI kita .

Kami melihat Kedubes kita diluar negeri tidak mampu bersikap karena tugas dan tanggung jawab kedutaan besar, akan mampu bertindak hanya setelah terjadi sebuah masalah atas TKI , bukan melakukan sesuatu demi mengantisipasi semua masalah yang bakal timbul, artinya apabila sudah berdiri kelembagaan yang kami maksud setiap tiga bulan sekali kelembagaan dimaksud akan melakukan pembinaan kepada TKI dimaksud, termasuk didalamnya pembinaan menyangkut keagamaan, dan artinya Menteri Agama pun harus terlibat didalam permasalahan TKI kalau memang Negara ini akan melindungi warga negara dari semua hal yang bakal mengancam kehidupan dan kelangsungan kehidupan ketika berada diluar negeri .

Meminta kepada Presiden SBY dan semua anggota DPR untuk segera melakukan reaksi positif menyikapi masalah masalah TKI tersebut, dan ketika menyangkut hajat hidup seperti ini produk hukum yang akan dilahirkan tentu tidak harus bersifat mahal dalam perumusanya, sehingga tidak ada masalah tarik menarik antara pihak pihak tertentu dan kepentingan ini adalah kepentingan dasar kebangsaan , sehingga pandangan para elit bangsa ini bisa disamakan dalam satu fokus pandang yang sama dan setara . Sehingga apabila hal ini terealisasi maka akan terlihat kebesaran bangsa ini dimata bagsa bangsa didunia . Dan lebih jauh ancaman apapun yang bakal menghadang atas TKI kita diluar negeri akan mampu kita sikapi secara benar dan terlebih negara ini akan mampu berbuat yang terbaik bagi warga negaranya .

Penulis mengangkat Issu ini , tidak lain karena rasa kepedulian terhadap para TKI yang semata mata mencari pekerjaan diluar negeri guna mencari kehidupan bagi keluarga mereka yang ada diIndonesia, dan seharusnya bangsa ini malu atas kejadian ini, karena secara nyata bahwa bangsa ini tidak sepenuhnya mampu memberikan pekerjaan yang layak bagi warga negaranya . Akan tetapi semoga kita selaku warga yang berpikir akan menerima ungkapan penulis, dan semata mata demi kekuatan bangsa indonesia dimata dunia .

1 komentar:

  1. Kami akan senantiasa Peduli, terhadap apapun yang terjadi atas bangsa dan Warga Bangsa Indonesia, dimanapun dan darimanapun, Karena Republik Indonesia merupakan satu ikatan yang kuat dan tidak terpisahkan, LSM LUMBUNG INFORMASI TEPAT AKURAT akan berbuat bagi bangsa dan dunia internasional .

    BalasHapus