Rabu, 03 Agustus 2011

Panas Bumi Suoh dan Dampak Lingkungan

Potensi panas bumi yang ada disuoh merupakan salah satu kebanggaan kita warga lampung barat, pemerintah dan rakyat sudah berkhayal akan berapa nilai penghasilan daerah yang akan didapat dari sektor tambang ini, akan tetapi saya tetap harus memberikan masukan kepada pemerintah lampung barat, terutama menyangkut bagaimana dan apa dampak lingkungan yang justru nantinya akan dirasakan oleh masyarakat lampung barat secara umum . 

Perkiraan awal pemerintah atas Panas Bumi Suoh akan menghasilkan pemasukan daerah lampung barat sebesar lebih kurang 500 Milyard per tahun, angka ini cukup lumayan besar untuk menghidupkan seluruh kehidupan dilampung barat . Dan saya berpendapat dari angka dimaksud, pemerintah lampung barat sudah mampu memberikan biaya hidup bagi masyarakat lampung barat, dalam arti sebagai nilai insentif masyarakat atas hasil kekayaan daerah lampung barat . Dan apabila konsisten maka bisa terselenggara . 

Disisi lain saya berpendapat bahwa pemerintah harus lebih mengkaji akan dampak lingkungan yang bakal timbul dari pelaksanaan eksplorasi panas bumi dimaksud, apakah sudah dikaji secara keseluruhan dari berbagai dampak, sehingga kita melakukan eksplorasi juga menjaga keselamatan daerah dan masyarakat daerah lampung barat . Karena banyak contoh yang sudah terjadi dampak lingkungan justru membuat kesusahan dan penderitaan bagi masyarakat, seperti halnya LAPINDO dan lain sebagainya, pendapat ini sangatlah perlu dipertimbangkan oleh pemerintah, artinya jangan hanya kita mengejar kepentingan pemasukan daerah kan tetapi kita tidak berpikir dampak lingkungan yang akan timbul, atau bencana bagi masyarakat dan akan berhimbas kepada kemelut nasional dikemudian hari . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar