Rabu, 13 Agustus 2014

DWI KARYANTO ; Pesisir Barat Harus Diawasi Secara Maksimal

Pengawasan kepada pemerintah harus dilakukan oleh siapapun, terutama yang menginginkan kemajuan dikabupaten " Pesisir Barat ", Setiap warga negara bersamaan atas Hak dan Kewajibanya dalam Hukum dan Pemerintahan ;
____________________________________________________________________________________
"Pemikiran Untuk Daerahku " 
 
Walaupun tergolong kabupaten yang baru berdiri, namun harus diingat aparatur yang mengisi dipemerintahan bukanlah orang-orang baru yang masih putih, atau aparatur yang 100 % bisa diyakini bersih dalam menjalankan pemerintahan, namun semua hal yang ada harus diawasi dengan ketat, dan siapa yang harus mengawasi perjalanan pesisir barat, tentu seluruh elemem masyarakat wajib mengawasi perjalanan pemerintahan serta kelangsungan pembangunan di kabupaten yang baru berdiri ini . Sebab banyak hal yang sudah terjadi dimana kesempatan mencari sesuatu itu sudah berjalan dan membuat raport buruk dikabupaten pesisir barat yang kita cintai bersama . 

Sangat riskan sekali apabila pengawasan tidak dilakukan, karena akan terjadi kesewenang-wenangan dalam perjalanan pemerintahan atau dalam perjalananya harus terawasi secara makasimal . Selain pengawasan pemerintah harus jelas dalam pemberdayaan masyarakat, semua komponen harus dilibatkan guna menciftakan pemerintahan yang saling memberikan dukungan antara masyarakat dan pemerintah, permainan kotor harus segera disudahi, monopoli dalam hal apapun harus tidak ada lagi, menjalankan pemerintahan harus sesuai aturan yang ada, karena semua sudah diatur dengan Undang-undang . Dan tidak ada sekelompok atau sebagian masyarakat yang bertindak seperti gerombolan yang tidak menggunakan aturan, atau melakukan sesuatu karena nafsu belaka . 

Jangan memanfaatkan situasi karena adanya kedekatan dengan pejabat, dan pejabat harus menciftakan "Harmomisasi " kepada siapapun guna menciftakan pemerintahan yang bermartabat dan berwibawa, agar terhindar dari sikap dan tindakan yang tidak menguntungkan semua pihak . Semua orang ingin mendapatkan penghargaan sesuai dengan kedudukanya dimasyarakat, sehingga pemerintah yang memiliki respon baik terhadap masyarakat akan selalu melakukan hal-hal profesional dan terpuji dalam menjalankan sisten pemerintahan .

Pejabat harus memiliki jiwa pengabdian yang tinggi, sehingga memandang segala sesuatunya sebagai sikap ikhlas yang terlihat, bukan hanya mencari keuntungan semata demi kantong atau demi kepentingan kelompok saja, sebab semua hal yang dilakukan akan dipertanggung jawabkan secara hukum dan kepada Tuhan Yang Maha Esa . 

Tidak lama lagi pesisir barat akan memiliki DPRD dan semua permasalahan saat ini akan mendapat pengawasan oleh DPRD, termasuk menyangkut penggunaan dana - dana serta hal lain yang intinya menggunakan uang negara atau uang rakyat . Nah disini tentu baru akan terlihat keseimbangan dalam perjalanan pemerintahan atau birokrasi dipesisir barat tentunya, semua masyrakat pesisir barat sama haknya dalam Hukum dan Pemerintahan dan sudah diatur dalam Undang - Undang Dasar 1945 . Semakin jelas bahwa pejabat bukan sebagai susutau yang memiliki kelebihan dan setiap penyimpangan harus dipertanggung jwabkan secara hukum nantinya . 

Banyaknya permasalahan saat ini dipesisir barat akan lebih terawasi secara konstitusional apabila sudah ada DPRD sehingga penguatan kelembagaan Legislatif harus ditobang dengan anggota yang memiliki tanggung jawab, Dedikasi , dan Moral sehingga apa yang dilaksanakan sebagai bentuk pertanggung jawaban atas kinerja dan kewajiban, mudah-mudahan semua akan berjalan dengan baik dan bisa melahirkan sebuah nilai luhur yang menjadi harapan masyarakat luas di kabupaten pesisir barat .

___________________________________________________________________________________
Pejabat tidak harus bertindak diluar batas, dan atau memberikan jalan keliru dengan melakukan pengkondisian melalui berbagai hal, termasuk Meminta dilayani kepada masyarakat, sebab hal dimaksud merupakan " Kesalahan Besar " apalagi meminta bantuan kepada masyarakat dengan menimbulkan hutang pemerintah melalui pengadaan fasilitas . ' Dan jangan pernah pejabat hanya mementingkan kepentingan pribadi " 
___________________________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar