Sabtu, 29 November 2014

Tidak Ada Alasan Semua Program Pemerintah Harus Disosialisasikan

Program pemerintah dalam hal apapun harus didahului dengan agenda sosialisasi terhadap masyarakat dengan sistem yang dibuat serta terencana secara baik . Terjadinya banyak benturan dilapangan didaerah pesisir barat disebabkan tidak adanya sosialisasi dari pemerintah, sesungguhnya dana untuk sosialisasi bisa dianggarkan dan tidak menyalah aturan yang ada sehingga sebuah kepedulian kepala daerah teruji dalam mensikapi bagaimana daerah harus tetap dalam keadaan aman dan terkendali .

Segala bentuk kegiatan tentu terencana dan teranggarkan secara baik dalam APBD, serta harus dilaksanakan secara jelas, transparan dan acountable serta bisa dipertanggung jawab secara moriel terhadap masyarakat yang dipimpinya, sebagai contoh sebuah peraturan dan perundangan yang dibuat sangat jarang disosialisasikan didaerah, dan bukan hal yang aneh seorang Kepala Desa (Peratin) tidak memahami Undang - Undang 32 menyangkut pemerintahan daerah .

DWI YULI KARYANTO
Menyangkut program pembangunan yang akan dilaksanakan tentu harus dilakukan sosialisasi mendalam terhadap semua lapisan masyarakat, sehingga tidak terjadi benturan akibat tidak adanya sebuah kemupakatan bersama antara pemerintah dan masyarakat sebagai pihak yang menjadi sasaran pembangunan, baik langsung maupun tidak langsung tetaplah masyarakat menjadi tolak ukur utama, artinya sebagai contoh ketika tanah masyarakat terkena dampak pembangunan jika tidak dilakukan sosialisasi, maka akan terjadi benturan dan masalah besar . Dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi hambatan atas pembangunan didaerah . 

Kedepan proyeksi sosialisasi ini harus menjadi program yang diutamakan secara bersahaja dan terukur, serta melibatkan banyak pihak sehingga sosialisasi bisa dilakukan berjenjang dimulai dari Tingkat Kabupaten - Kecamatan - desa / pekon yang ada diwilayah pesisir barat . Ini sebuah konsekwensi yang harus dihadapi dan tentu memiliki beban moral selaku Kepala Daerah / Bupati yang memegang pran selaku pengguna anggaran secara umum serta selaku penanggung jawab pengguna anggaran secara umum dikabupaten pesisir barat . Oleh sebabnya kemampuan berpikir pejabat daerah guna menggerakan seluruh perangkat daerah jelas harus silmultan dan utuh, sehingga masing-masing SKPD harus memiliki tanggung jawab bersama dan saling memiliki hubungan kerja yang baik, sehingga mampu menjalankan kerjasama yang baik dan saling berkaitan, dan bukan bekerja masing - masing atau tidak adanya ketergantungan satu sama lainya sehingga menimbulkan sebuah konsef yang mentah guna membangun daerah pesisir barat . 

Musrenbang ( Musyawarah dan Perencanaan Pembangunan ) didaerah harus lebih ditingkatkan baik kwalitas maupun cara berpikir masing - masing pihak yang berkepentingan dalam pembangunan, dimulai dari pemerintahan Desa / Pekon , Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten harus terumus secara baik, sehingga tidak terjadi tumpang tindih . Selanjutnya selaku kepala daerah ( Bupati) tidak melahirkan konplik pembangunan dimana terkadang kepala daerah selalu mengedepankan kebijakan politik yang terkesan senantiasa melahirkan konplik didaerah . Intinya semua wilayah kecamatan yang masuk dalam cakupan wilayah kabupaten pesisir barat adalah sama, termasuk harapan mendapatkan pembangunan adalah sama . 

Kita berharap semua persoalan yang buruk didaerah tidak akan terjadi dengan lahirnya pemimpin yang jago dalam berpikir, bekerja, bertanggung jawab penuh terhadap kelangsungan hidup masyarakat didaerah pesisir barat . Sebab pemimpin adalah Konsef bukan Manusia atau siapa orang yang menjadi pemimpin tersebut . Sangat disayangkan apabila daerah dipimpin oleh pihak yang hanya menggunakan APBD dan tidak berpikir penggunaan APBD untuk pembangunan tidak memiliki hasil nyata mendukung penggalian potensi didaerah , sebab dengan mendukung penggalian potensi , maka pembangunan yang menggunakan anggaran daerah akan sangat jelas bermanfaat untuk kemajuan daerah, menghasilkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga pada taklimat akhir akan terumuskan sebuah " Kesejahteraan Masyarakat " daerah pesisir barat . Salam Kebersamaan ; 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar