Sabtu, 20 Desember 2014

Membangun Sektor Pertanian Pesisir Barat



MEMBANGUN SEKTOR PERTANIAN  DENGAN MENITIK BERATKAN PADA AGENDA PENYAJIAN POTENSI DALAM PENINGKATAN PRODUKSI, GUNA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, SWASEMBADA PANGAN, DAN PENINGKATAN PAD MELALUI PENGUATAN BISNIS DAERAH MELALUI BUMD GUNA MENEMBUS PASAR LOKAL,NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL .


Kabupaten Pesisir Barat memiliki laham pertanian yang sangat produktif, namun ketika bergabung dengan kabupatren lampung barat, daerah pesisir barat khusus sektor pertanian terutama perluasan lahan pertanian sama sekali tidak mendapatkan perhatian serius dari pemerintah . Dengan ketersediaan lahan yang sangat luas guna ektensifikasi pertanian ( Perluasan Lahan ), maka kabupaten pesisir barat kedepan harus terlebih dahulu melakukan Registrasi secara Real dan tidak hanya sebatas data yang dirancang dari atas meja, namun dengan keseriusan semua harus dilakukan secara baik dan terencana dan terukur . Kita tidak ingin menjadikan kabupaten pesisir barat penuh sandiwara terutama data yang dibuat hanya sekedar mengejar anggaran dengan aplikasi dilapangan tidak jelas apalagi fiktif, dan pesisir barat harus dibangun dengan segala sesuatunya yang benar dan akurat . 

Membangun tentu harus berdasarkan Tata Ruang Wilayah yang memiliki standar baik, artinya sektor pertanian dapat dikembangkan dibeberapa daerah kecamatan yang masuk dalam cakupan wilayah kabupaten pesisir barat, ditambah dukungan infrastruktur pendukung yang sudah ada dan tinggal melakukan peningkatan penambahan pembangunan infrastruktur pendukung dimaksud . Saya sangat yakin bahwa kedepan apabila secara serius dibangun, maka daerah pesisir barat akan menjadi daerah yang memiliki peringkat " Swasembada Pangan " yang jelas dan bukan hanya sebatas Slogan belaka . 

Tentu konsentrasi ini harus dibangun dengan pemikiran yang memiliki keberanian dan tepat sasaran serta terencana matang oleh pemimpin atau bupati, dimana kita letakan bahwa seseorang menjadi pemimpin akan mengikuti alur konsef yang ada dengan dirinya, bagaimana ia akan membangun daerah yang dipimpinya , sehingga terlahir kemajuan serta kesejahteraan masyarakat secara nyata . Sehingga bisa dikatakan sektor pertanian merupakan sektor penentu bagaimana masyarakat bisa menikmati murahnya pangan yang setiap hari dibutuhkan . 

Selain melakukan perluasan lahan ( Ekstensifikasi) tentu harus diikuti dengan adanya aturan ( PERDA) yang jelas akan hal sistem yang akan dilaksanakan dalam pemasaran hasil produksi pertanian terutama Gabah dan Beras, dengan mengatur peredaran yang jelas dan menguntungkan masyarakat daerah kabupaten pesisir barat terlebih dahulu, dan tidak menutup kemungkinan sektor ini akan ikut bersaing dalam hal produksi beras yang bermutu guna memenuhi pasar, baik lokal, nasional maupun internasional . 

Sektor pertanian masuk dalam kerangka kegiatan BUMD pesisir barat, sehingga seluruh sektor akan hasil produksi masing - masing sektor akan menempatkan Badan Usaha Milik Daerah sebagai simpul akhir pemasaran sehingga akan jelas sebagai payung dari segala bentuk usaha, baik usaha masyarakat maupun pemerintah bersama masyartakat memiliki payung yang jelas dan diatur jelas dalam Peraturan Daerah ( PERDA ), saya rasa inilah fungsi pemerintah daerah, selain sebagai pelayan , juga akan bertindak sebagai konseftor dan lebih jauh sebagai " Mitra Bisnis " masyarakat dengan mengaris bawahi hasil - hasil produksi baik pertanian maupun sektor lainya yang ada . 

Dalam hal pengembangan perluasan lahan pertanian kabupaten pesisir barat masih bisa membangun lahan persawahan seluas lebih dari 3000 Ha dan tidak semua kecamatan atau pekon mendapatkan program ini, namun tetap berpegang teguh pada saling menutupi antara satu kecamatan dengan kecamatan lainya . Dimana setiap kecamatan yang ada akan beda skala prioritas pengembangan areal , baik pertanian perkebunan, pertambangan, perikanan, kehutanan, sehingga tetaplah semua saling mendukung dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah secara signifikan . 

Dalam hal ini tentu akan ditunjang oleh kemampuan seorang Kepala Dinas yang memiliki loyalitas tinggi terhadap daerah serta mampu mengikuti gerak serta langkah seorang pemimpin didaerah, sehingga kinerja sesuai yang direncanakan akan mencapai sasaran secara baik tepat waktu . Rasanya tidak ada waktu bagi pemerintah untuk berleha - leha dalam segala hal, sehingga jelas spekulasi pemikiran maupun dalam mengambil keputusan harus tegas dan berani sehingga semua tindakan  baik penganggaran maupun realisasi dilapangan akan konkrit serta acountable . 

Beberapa hal menyangkut dana pembangunan infrastruktur pendukung seperti halnya bendungan, tentu kita akan berharap besar dengan anggaran APBN untuk tahap awal dan kita tidak akan manja dengan dana APBN sebab peningkatan semua sektor akan menentukan bagaimana daerah kita akan mampu mandiri dalam membangun, dan jika memang dibutuhkan maka daerah akan melakukan langkah lain dan sesuai persetujuan wakil rakyat guna melakukan sebuah langkah baik dalam penggalian dana yang dibutuhkan untuk daerah , baik berupa pinjaman nasional maupun pinjaman yang bersifat internasional selama hal tersebut layak dan tidak memberatkan dan saling menguntungkan daerah dan pihak -pihak . 
Semua langkah yang diambil adalah berdasarkan keinginan dan persetujuan seluruh masyarakat, sehingga pemimpin tidak akan pernah membuat korban - korban atau penzaliman terhadap masyarakat atau melakukan hal yang justru membuat kesengsaraan didalam kehidupan masyarakat, semua masyarakat pesisir barat harus memiliki cita - cita yang baik dalam bagaimana membangun daerah dan kehidupan bersama seluruh masyarakat, dengan demikian seluruh lapisan masyarakat harus lebih memperbaiki cara berpikir, bertindak serta mengubah karakter yang mungkin selama ini kurang baik dan membuat tidak dinamisnya pemikiran dalam keikutsertaan masyarakat dalam pembangunan daerah . 

Iklim yang sehat sudah seharusnya di bangun, guna keselarasan dalam pikiran , serta kritik merupakan sesuatu yang dibutuhkan dalam setiap hal, sehingga diharapkan kritik yang membangun dapat meningkatkan proyeksi pembangunan khususnya disektor pertanian . SALAM KEBERSAMAAN




Tidak ada komentar:

Posting Komentar