Senin, 18 Januari 2016

Kabupaten Pesisir Barat Butuh Penduduk Tambahan Kerangka " TSM"

DWI YULI KARYANTO SUTOYO

 Pikiran Awal Dari Segalanya
 editor : Dwi Yuli Karyanto

Kondisi kabupaten pesisir barat saat ini masih belum menunjukan kemajuan dimana dengan kondisi penduduk asli yang ada bermukim saat ini tidak menunjukan situasi hidupnya sebuah kabupaten, oleh sebabnya pesisir barat melalui pemerintah harus sudah berpikir untuk menambah penduduk pendatang yang dinamakan "Transmigrasi Swakarsa mandiri " dimana bila dilihat dari kebutuhan daerah, maka yang paling cocok didatangkan ke pesisir barat adalah masyarakat jawa barat yang berasal dari Garut dan atau Tasikmalaya  . 

Menurut analisa masyarakat Garut dan atau Tasikmalaya merupakan masyarakat pekerja dan diikuti memiliki keahlian dalam anyam menganyam, serta dapat dikatakan memiliki keahlian lebih sehingga sangat diharapkan dapat menunjang keberadaan pesisir barat kedepan, dimana membutuhkan manusia - manusia terampil dan kreatif sesuai kondisi potensi alam yang ada . 

Dengan kondisi alam dan daya tampung lahan yang ada, maka program ini bila terentaskan serta terealisasi oleh pemerintah pesisir barat, maka penduduk TSM yang bisa didatangkan berkisar 1000 Kepala Keluarga ( KK ) . Strategi ini akan menambah sebuah kekuatan serta perubahan karakter masyarakat pesisir barat kedepan setelah terjadi asimilasi dan atau perkawinan diantara penduduk pendatang ( TSM ) dengan penduduk asli . 

Semua hal perlu terpikirkan bersama, baik pemerintah maupun masyarakat pesisir barat yang ada, sehingga akan bertambah jelas bagaimana besar tanggung jawab sebagai warga masyarakat yang bersikap peduli terhadap daerah. Sebatas pemikiran positif bila merupakan sebuah konsef yang jelas serta bermanfaat bagi semua pihak tentu menjadi sesuatu yang mahal nilainya, ditambah keterbatasan manusia sebagai khalipah di muka bumi . 

Lokasi TSM dimaksud bisa tersebar disemua wilayah pesisir barat, terutama kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Selatan, Pesisir Utara dan Lemong . 

Suatu saat bisa dirasakan setelah terlaksananya program tersebut , betapa sebuah kemajuan yang dapat dirasakan bersama bagi masyarakat dan pemerintah pesisir barat .

Semoga Bermanfaat Bagi Semua //

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar