Minggu, 31 Juli 2016

Pesisir Barat Butuh DPRD Yang Aspiratif

DWI YULI KARYANTO
Keberadaan kabupaten pesisir barat yang jelas masuk target wilayah yang kelak menjadi unggulan propinsi lampung dalam kerangka kekayaan potensi alam tentu harus diperjuangkan dengan seksama serta bersahaja, sehingga dalam alur tersebut mendapat restu dan dukungan masyarakat akan lebih mudah pencapaian cita - cita yang menjadi impian seluruh masyarakat baik yang berada di daerah maupun yang berada di perantauan nun jauh disana . Sehingga semua masyarakat harus bahu membahu dalam memperjuangkan, terutama keberadaan WAKIL RAKYAT haruslah mau dan mampu bekerja serta menunjukan sikap yang pro dan peduli rakyat kecil . 

Sebenarnya jika kondisi ini membaik serta hubungan DPRD Kabupaten pesisir barat dengan perwakilan DPR dan DPD yang jelas - jelas mengambil Daerah Pemilihan dari Pesisir Barat, sudah tentu akan mendukung lebih cepat kemajuan daerah pesisir barat (Krui) dan hal ini tentu harus dipicu dengan segudang kerjasama yang baik dan tentu didalamnya ada pemikiran bersama untuk maju bersama yang pada akhirnya guna kemaslahatan umat atau rakyat pesisir barat . 

Sebagaimana diatur dalam Undang - Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sudah jelas bagaimana keberadaan Bupati dan DPRD dan keduanya merupakan indikator mutlak yang memiliki pran sama dalam memajukan daerah dimana mereka menjadi Anggota DPRD dan dipilih oleh rakyat, sehingga akhirnya menjadi wakil rakyat yang harus memperjuangkan aspirasi masyarakat . 

Tentu DPRD harus serasi serta sejalan dengan Bupati selaku Kepala Daerah, walaupun tugas dan kewajiban Bupati selaku kepala daerah sungguh berat dan memiliki tanggung jawab Moril dalam mengemban " Amanah " dan berjuang tanpa kenal waktu berpikir serta memperjuangkan daerah guna menghapus nilai-nilai " Kemiskinan " yang disandang oleh masyarakat secara umum yang dipimpinnya . Namun dalam hal ini sangatlah dipengaruhi bagaimana daerah memiliki Wakil Rakyat yang memahami pekerjaan yang didalamnya ada jeritan rakyat yang harus dikumandangkan secara nyata dan dengan segala resiko, negara sudah memberikan uang lelah kepada Anggota DPRD dan tentu semua wakil rakyat harus siap lelah sehingga bukan hanya bekerja diatas meja saja . 

Seluruh masyarakat tentu berharap dalam sanubari mereka, bahwa sekecil apapun keinginan masyarakat harus mendapatkan respon positif oleh wakil rakyatnya, walaupun proses Pemilu terkadang menjadi sebuah pemandangan yang tidak pantas, serabutan dan penuh rekayasa dan terkadang praktek Money Politik terjadi . Mungkin ini sebuah resiko perguangan yang harus diderita ketika seorang wakil rakyat memiliki target harus masuk di Gedung DPRD dan menjadi anggota " Dewan Yang Terhormat " akan tetapi mengimplementasikan " Yang Terhormat " bukan pekerjaan mudah dan gampang, dibutuhkan karakter manusia yang handal dan memiliki impropisasi jelas bagaimana membaca daerah dan kondisi masyarakat dengan pasilitas yang serba terbatas dan penuh dengan tantangan . 

Kondisi Politik didaerah tentu tidak terlepas dari nilai - nilai yang memiliki pesan moral, dimana seorang wakil rakyat harus bertindak selaku bagian institusi dan sebaliknya sebagai bagian dari masyarakat, saudara bahkan ayah dari seorang anak, dengan semua ini tentu akan menambah nilai pemikiran yang diharapkan terbaik dimana semua ini diperjelas dengan bagaimana penerimaan masyarakat melalui kerja nyata bukan sekedar " Janji - Janji Politik yang tidak memiliki akhir dan batas . Sehingga terutama perjalanan roda pemerintahan secara real bisa dirasakan oleh masyarakat begitu " Damai " dan Mengikat satu sama lain dengan adanya tujuan yang sama tersebut . 

Akhirnya cita - cita masyarakat melalui Kepala Daerah yang dipilih oleh rakyat pesisir barat akan terwujud dengan dukungan seluruh masyarakat melalui bagaimana wakil rakyat yang saat ini duduk di Gedung DPRD, kita senantiasa berdoa semoga para wakil rakyat mampu satu langkah terhadap pemikiran Bupati selaku Kepala Daerah dalam melahirkan kabupaten pesisir barat yang " Maju dan Madani " sebagai cita - cita luhur . Mampu melepaskan polemik golongan, suku dan ras . Mudah - mudahan langkah membangun kabupaten pesisir barat akan menjadi kenyataan dengan waktu yang tidak terlalu lama, daerah maju serta mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia , karena majunya sebuah daerah melambangkan majunya Bangsa yang kita cintai bersama . ( LANGIT BIRU PENUH HARU )  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar